Program Unggulan

Program Unggulan SMA BPI 2 adalah literasi. Program Literasi dibagi menjadi 6 jenis yaitu literasi digital, literasi finansial, literasi sains, literasi budaya, literasi baca dan tulis, dan literasi numerasi. Diharapkan dengan program literasi ini menjadi nilai plus bagi lulusan (output) SMA BPI 2, menjadi lulusan yang berdaya saing tinggi, dan siap menghadapi dunia perkuliahan dan pekerjaan, beberapa tujuan Program literasi SMA BPI 2  di antaranya:


1. Pada program literasi digital diharapkan siswa lulusan SMA BPI  2 menjadi lulusan yang mempunyai pengetahuan dan kecakapan untuk menggunakan/membuat media digital, alat-alat komunikasi, atau jaringan dalam menemukan, mengevaluasi, menggunakan, membuat informasi, dan memanfaatkannya secara sehat, bijak, cerdas, cermat, tepat, dan patuh hukum dalam rangka membina komunikasi dan interaksi dalam kehidupan sehari-hari.  Literasi digital juga merupakan kemampuan menggunakan teknologi informasi dan komunikasi (TIK))dan juga membantu pemerintah yaitu GLN (gerakan Literasi Nasional), Program GLN merupakan upaya pemerintah untuk memperkuat sinergi antar unit utama pelaku gerakan literasi dengan menghimpun semua potensi dan memperluas keterlibatan publik dalam menumbuh kembangkan dan membudayakan literasi di Indonesia. Gerakan ini bertujuan untuk menumbuh kembangkan budaya literasi pada ekosistem pendidikan (keluarga, sekolah, dan masyarakat) dalam rangka pembelajaran sepanjang hayat sebagai upaya untuk meningkatkan kualitas hidup.

2. Pada program literasi finansial diharapkan siswa lulusan SMA BPI  2 yang mempunyai Pengetahuan dan kecakapan untuk mengaplikasikan pemahaman tentang konsep dan risiko, keterampilan agar dapat membuat keputusan yang efektif dalam konteks finansial untuk meningkatkan kesejahteraan finansial, baik individu maupun sosial, dan dapat berpartisipasi dalam lingkungan masyarakat.

3. Pada program literasi sains diharapkan siswa lulusan SMA BPI  2 menjadi lulusan yang mempunyai pengetahuan dan kecakapan ilmiah untuk mampu mengidentifikasi pertanyaan, memperoleh pengetahuan baru, menjelaskan fenomena ilmiah, serta mengambil simpulan berdasar fakta, memahami karakteristik sains, kesadaran bagaimana sains dan teknologi membentuk lingkungan alam, intelektual, dan budaya, serta kemauan untuk terlibat dan peduli terhadap isu-isu yang terkait sains (OECD, 2016)

4. Pada program literasi budaya diharapkan siswa lulusan SMA BPI  2 menjadi lulusan yang mempunyai kemampuan dan kecakapan untuk memelihara dan mengembangkan kesenian atau unsur budaya bangsa.

5. Pada program baca dan tulis diharapkan siswa lulusan SMA BPI  2 menjadi lulusan yang mempunyai kemampuan Membaca dan menulis,program literasi baca dan tulis merupakan literasi yang dikenal paling awal dalam sejarah peradaban manusia. Keduanya tergolong literasi fungsional dan berguna besar dalam kehidupan sehari-hari. Dengan memiliki kemampuan baca-tulis, seseorang dapat menjalani hidupnya dengan kualitas yang lebih baik. Terlebih lagi di era yang semakin modern yang ditandai dengan persaingan yang ketat dan pergerakan yang cepat. Kompetensi individu sangat diperlukan agar dapat bertahan hidup dengan baik.

6. Pada program literasi Numerasi diharapkan siswa lulusan SMA BPI  2  menjadi lulusan yang mempunyai pengetahuan dan kecakapan untuk (a) menggunakan berbagai macam angka dan simbol-simbol yang terkait dengan matematika dasar untuk memecahkan masalah praktis dalam berbagai macam konteks kehidupan sehari-hari dan (b) menganalisis informasi yang ditampilkan dalam berbagai bentuk (grafik, tabel, bagan, dsb.) lalu menggunakan interpretasi hasil analisis tersebut untuk memprediksi dan mengambil keputusan.

Selain Program Unggulan di SMA BPI 2 juga terdapat program CTL (Contextual Teaching Learning) yang dilakukan di kelas X dengan tujuan memberikan motivasi kepada siswa agar lebih memahami materi pembelajaran yang telah dipelajari dan menghubungkannya dengan konteks kehidupan sehari-hari. Selain Program CTL untuk kelas X, diadakan pula karyawisata untuk kelas XI dan kunjungan kampus untuk siswa-siswi kelas XII, guna membantu mereka lebih mengenal universitas dan jurusan yang mereka inginkan setelah lulus SMA. Selain itu juga akan diadakan program TOEFEL preparation di setiap tingkatan kelas.  

Pada tahun 2020, sebanyak 52 orang siswa-siswi SMA BPI 2 masuk ke Perguruan Tinggi Negeri dan sisanya masuk ke Perguruan Tinggi Swasta Favorit. Selain itu, SMA BPI 2 masuk ke dalam sepuluh besar sekolah swasta yang siswanya banyak diterima di Perguruan Tinggi Negeri lewat jalur SBMPTN pada tahun 2020.

Selain program di bidang pendidikan, SMA BPI 2 juga memiliki program pembiasaan bagi siswa-siswinya, di antaranya: gerakan 5S (senyum, salam, sapa, sopa dan santun), menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya setiap pagi dan berdoa serta tadarus bersama sebelum melaksanakan proses pembelajaran. Program pembiasaan lainnya adalah shalat Dhuha berjamaah dan dilajutkan dengan ceramah yang dilaksanakan secara rutin setiap hari Selasa. Kegiatan shalat Dhuha ini dilakukan dengan tujuan membentuk insan yang unggul secara akademik, religius dan berakhlak mulia.

Pengembangan kreativitas siswa didukung dengan beragam ektrakurikuler yang telah memiliki banyak prestasi, diantaranya : di bidang seni ada akustik dan seni tari, akustik, vocal group, di bidang olahraga diwakilkan oleh pencak silat, Futsal, Tae Kwon do, dan di bidang bahasa diwalilkan oleh English Club serta masih banyak ektrakurikuler lainnya yang berprestasi dan dapat memfasilitasi bakat serta minat siswa.

Beragam fasilitas telah tersedia guna menunjang proses pembelajaran, diantaranya : lab multimedia, lab fisika, lab kimia, lab biologi, aula, lapangan olahraga, ruangan bimbingan konseling, perpustakaan,  dan ruangan kelas yang sudah difasilitasi dengan cctv serta infocus. Untuk proses rekap kehadiran siswa sudah menggunakan fasilitas finger print yang hasilnya bisa dilihat langsung oleh orang tua secara real time melalui aplikasi. Selain itu, terdapat pula ruang UKS, sarana ibadah (bintalis), kantin sehat dan ruangan kesenian.

SMA BPI 2 juga mendukung program pemerintah yaitu Program ADEM (Afirmasi Pendidikan Menengah) bagi anak-anak Papua dan Papua Barat terbaik serta daerah 3T (terdepan, terluar, dan tertinggal) lainnya. Mereka disiapkan agar memiliki kemampuan belajar yang setara dengan sebagian besar anak-anak di pulau Jawa dan Bali. Ini bukti sumbangsih  SMA BPI 2 untuk membantu pemerintah Indonesia  untuk mencerdaskan anak-anak Papua dan Papua Barat agar kedepan dapat  memiliki kemampuan dan kompetensi untuk membangun negeri ini terutama daerah mereka sendiri.

Semua program yang telah dilakukan dan fasilitas yang tersedia di SMA BPI 2 diharapkan dapat menjawab kepercayaan masyarakat yang telah dan akan menyekolahkan anaknya di SMA BPI 2. Selain itu, besar harapan SMA BPI 2 dapat turut serta untuk mencerdaskan anak bangsa serta memajukan pendidikan di Indonesia.

About SMA BPI 2

Alamat: Jl.Burangrang No. 8 Bandung Kelurahan Burangrang Kecamatan Lengkong Kode Pos 40262 Kota

Visitor Counter

Today 21

Yesterday 94

Week 115

Month 2130

All 3191

Currently are 33 guests and no members online

Kubik-Rubik Joomla! Extensions

©2021 Tim IT SMA BPI 2 Bandung. All Rights Reserved.

Search