Saturday, 07 October 2017 22:25

Road To digital Class: CBT

Written by
Rate this item
(0 votes)

Bandung (26/9), Langkah selanjutnya dari usaha meningkatkan kegiatan belajar mengajar terus di bangun, satu program baru di launching yaitu dengan melaksanakan CBT (computer Base Test). Pelaksanaan pekan ulangan semester ganjil ini dilakukan dengan menggunakan CBT.

CBT

Sistem Ujian selama ini bersifat (konvensional) artinya ujian dilakukan dengan menggunakan kertas dan pensil dengan istilah sekarang Paper-Based Test (PBT), PBT yang dilakukan saat ini banyak masalah/kendala seperti: rawan dalam penyiapan bahan ujian, penggandaan dan distribusi naskah soal, kecurangan selama pelaksanaan ujian, perlu langkah scanning LJK dan scoring, membutuhkanbiaya banyak, tenaga, waktu. Jadi ujian dengan PBT kurang efektif & efisien. Perkembangan teknologi saat ini sangat pesat sehingga memungkinkan untuk menggunakan ICT dalam ujian.

Sistem yang digunakan dengan sebutan Computer-based Test (CBT), kalau model tes yang lama disebut Paper-Based Test (PBT), Jadi mau tidak mau sudah harus mencoba untuk memulai dengan cara mengkombinasikan system kedua tersebut agar dimasa mendatang dunia pendidikan kita tidak ketinggalan jauh dengan Negara-negara lain.

Seluruh siswa dengan menggunakan laptop, tab, smartphone terlibat dalam kegiatan CBT ini.

Read 1718 times Last modified on Saturday, 07 October 2017 22:51
Login to post comments