Administrator

Administrator

Wednesday, 11 July 2018 08:38

Info PPDB SMA BPI 2 Bdg-2018

Info PPDB


SMA BPI 2 Bandung membuka Pendaftaran Peserta Didik Baru Tahun Pelajaran 2018/2019.

Sudah terbukti mengantarkan peserta didiknya ke PTN melalui SNMPTN & SBMPTN

Dengan fasilitas yang memadai, program digital class, free WiFi serta tenaga pendidik yang mumpuni kami siap memberikan pelayanan terbaik bagi para peserta didik ?

SMA BPI 2 memiliki segudang prestasi di bidang Akademik dan Non-Akademik melalui kegiatan ekstrakurikuler.

Masih ragu untuk bergabung bersama kami? ?
Yuk segera daftar, tempat terbatas.
SMA BPI 2 Bandung
Datang langsung ke:
Jl. Burangrang No. 8 Bdg
Jam 7.30 - 16.00

ig:@smasbpi2
website:
www.smabpi2bandung.sch.id
facebook fanpage:SMA BPI 2 Bandung
untuk informasi lebih lanjut dapat menghubungi:
Ibu Nina (081320608050)
Ibu Dida (081320561272)

Friday, 29 June 2018 04:10

Sukses UN 2018

Bandung, BPI2. pelaksanaan UN dan USBN 2018 telah dilaksnakan. pelaksanaan UN dan USBN yang berbasis komputer telah diikuti oleh seluruh siswa kelas 12 IPA dan IPS.

Sunday, 24 June 2018 15:47

Science Club

Science Club adalah kegiatan yang berkaitan dengan pengembangan kemampuan penelitian dan membangun kecintaan terhadap perkembangan science

Sunday, 24 June 2018 15:41

Futsal

Futsal adalah permainan bola yang dimainkan oleh dua tim, yang masing-masing beranggotakan lima orang. Tujuannya adalah memasukkan bola ke gawang lawan, dengan memanipulasi bola dengan kaki. Selain lima pemain utama, setiap regu juga diizinkan memiliki pemain cadangan. Tidak seperti permainan sepak bola dalam ruangan lainnya, lapangan futsal dibatasi garis, bukan net atau papan.

Futsal turut juga dikenali dengan berbagai nama lain. Istilah "futsal" adalah istilah internasionalnya, berasal dari kata Spanyol atau Portugis, futbol (sepakbola) dan sala (dalam ruangan).

Sunday, 24 June 2018 15:36

Pramuka

Gerakan Pramuka Indonesia (Indonesian Scout Movement) is the national Scouting organization of Indonesia. Scouting was founded in the Dutch East Indies in 1912, and Indonesia became a member of the World Organization of the Scout Movement (WOSM) in 1953. It has 17,103,793 members (as of 2011),[1] making it the world's largest Scout association. Each year August 14 is celebrated as Pramuka Day to honor the organization's first public parade.

The name Pramuka was derived from the acronym of "Praja muda karana", Sanskrit[citation needed] meaning "young people willing to work".

Gerakan Pramuka Indonesia adalah nama organisasi pendidikan nonformal yang menyelenggarakan pendidikan kepanduan yang dilaksanakan di Indonesia. Kata "Pramuka" merupakan singkatan dari Praja Muda Karana, yang memiliki arti Jiwa Muda yang Suka Berkarya.

Pramuka merupakan sebutan bagi anggota Gerakan Pramuka, yang meliputi; Pramuka Siaga (7-10 tahun), Pramuka Penggalang (11-15 tahun), Pramuka Penegak (16-20 tahun) dan Pramuka Pandega (21-25 tahun). Kelompok anggota yang lain yaitu Pembina Pramuka, Andalan Pramuka, Korps Pelatih Pramuka, Pamong Saka Pramuka, Staf Kwartir dan Majelis Pembimbing.

Kepramukaan adalah proses pendidikan di luar lingkungan sekolah dan di luar lingkungan keluarga dalam bentuk kegiatan menarik, menyenangkan, sehat, teratur, terarah, praktis yang dilakukan di alam terbuka dengan Prinsip Dasar Kepramukaan dan Metode Kepramukaan, yang sasaran akhirnya pembentukan watak, akhlak, dan budi pekerti luhur. Kepramukaan adalah sistem pendidikan kepanduan yang disesuaikan dengan keadaan, kepentingan, dan perkembangan masyarakat, dan bangsa Indonesia.

https://id.wikipedia.org/wiki/Gerakan_Pramuka_Indonesia

Saturday, 23 June 2018 13:27

ANGKLUNG

Asal Usul Angklung

Tidak ada petunjuk sejak kapan angklung digunakan, tetapi diduga bentuk primitifnya telah digunakan dalam kultur Neolitikum yang berkembang di Nusantara sampai awal penanggalan modern, sehingga angklung merupakan bagian dari relik pra-Hinduisme dalam kebudayaan Nusantara.

Catatan mengenai angklung baru muncul merujuk pada masa Kerajaan Sunda (abad ke-12 sampai abad ke-16). Asal usul terciptanya musik bambu, seperti angklung berdasarkan pandangan hidup masyarakat Sunda yang agraris dengan sumber kehidupan dari padi (pare) sebagai makanan pokoknya. Hal ini melahirkan mitos kepercayaan terhadap Nyai Sri Pohaci sebagai lambang Dewi Padi pemberi kehidupan (hirup-hurip). Masyarakat Baduy, yang dianggap sebagai sisa-sisa masyarakat Sunda asli, menerapkan angklung sebagai bagian dari ritual mengawali penanaman padi. Permainan angklung gubrag di Jasinga, Bogor, adalah salah satu yang masih hidup sejak lebih dari 400 tahun lampau. Kemunculannya berawal dari ritus padi. Angklung diciptakan dan dimainkan untuk memikat Dewi Sri turun ke bumi agar tanaman padi rakyat tumbuh subur.

Jenis bambu yang biasa digunakan sebagai alat musik tersebut adalah bambu hitam (awi wulung) dan bambu ater (awi temen), yang jika mengering berwarna kuning keputihan. Tiap nada (laras) dihasilkan dari bunyi tabung bambunya yang berbentuk bilah (wilahan) setiap ruas bambu dari ukuran kecil hingga besar.

Dikenal oleh masyarakat Sunda sejak masa kerajaan Sunda, di antaranya sebagai penggugah semangat dalam pertempuran. Fungsi angklung sebagai pemompa semangat rakyat masih terus terasa sampai pada masa penjajahan, itu sebabnya pemerintah Hindia Belanda sempat melarang masyarakat menggunakan angklung, pelarangan itu sempat membuat popularitas angklung menurun dan hanya dimainkan oleh anak- anak pada waktu itu.[butuh rujukan]

Selanjutnya lagu-lagu persembahan terhadap Dewi Sri tersebut disertai dengan pengiring bunyi tabuh yang terbuat dari batang-batang bambu yang dikemas sederhana yang kemudian lahirlah struktur alat musik bambu yang kita kenal sekarang bernama angklung. Demikian pula pada saat pesta panen dan seren taun dipersembahkan permainan angklung. Terutama pada penyajian Angklung yang berkaitan dengan upacara padi, kesenian ini menjadi sebuah pertunjukan yang sifatnya arak-arakan atau helaran, bahkan di sebagian tempat menjadi iring-iringan Rengkong dan Dongdang serta Jampana (usungan pangan) dan sebagainya.

Dalam perkembangannya, angklung berkembang dan menyebar ke seantero Jawa, lalu ke Kalimantan dan Sumatera. Pada 1908 tercatat sebuah misi kebudayaan dari Indonesia ke Thailand, antara lain ditandai penyerahan angklung, lalu permainan musik bambu ini pun sempat menyebar di sana.

Bahkan, sejak 1966, Udjo Ngalagena —tokoh angklung yang mengembangkan teknik permainan berdasarkan laras-laras pelog, salendro, dan madenda— mulai mengajarkan bagaimana bermain angklung kepada banyak orang dari berbagai komunitas.

https://id.wikipedia.org/wiki/Angklung

Tuesday, 23 January 2018 01:17

Sertijab Kepala Sekolah SMA BPI 2

Bpi (02/01), Serah terima jabatan kepala sekolah SMA BPI 2 Bandung dari Drs.Iding Sunardi pada Dra.Lince Maria telah dilaksanakan pada tanggal 2 januari 2018. Serah terima jabatan juga dihadiri oleh pimpinan Yayasan BPI, dan para undangan.

Dalam kesempatan ini dilakukan penandatanagan memori sertijab dari Kepala Sekolah yang lama kepada kepala sekolah yang baru.

Saturday, 07 October 2017 23:27

Contextual Teaching and Learning

CTL, Pembelajaran kontekstual adalah terjemahan dari istilah Contextual Teaching Learning (CTL). Kata contextual berasal dari kata contex yang berarti “hubungan, konteks, suasana, atau keadaan”. Dengan demikian contextual diartikan ”yang berhubungan dengan suasana (konteks). Sehingga Contextual Teaching Learning (CTL) dapat diartikan sebagi suatu pembelajaran yang berhubungan dengan suasana tertentu.

Pembelajaran kontekstual melibatkan tujuh komponen  utama dari pembelajaran produktif yaitu : konstruktivisme (Constructivism), bertanya (Questioning), menemukan (Inquiry), masyarakat belajar (Learning Community), pemodelan (Modelling), refleksi (Reflection) dan penilaian yang sebenarnya (Authentic Assessment) (Depdiknas, 2003:5)

>dari berbagai sumber

 

Saturday, 07 October 2017 23:04

Tradisi Juara: Paku Bumi Open

Bandung, Pencak Silat Open Tournament "PAKU BUMI" Asia dan Eropa tahun 2017 yang diselenggarakan di kota Bandung telah melahirkan juara-juara baru dari SMA BPI2 Bandung. Sekolah mengirimkan 4 jawara silat ke ajang turnament pencak silat yang diikuti dari berbagai negara di kawasan asia dan eropa.

Prestasi luar biasa telah ditunjukan oleh para pendekar dari BPI 2 ini, dari 4 pendekar yang berhasil memasuki babak final pada acara bergengsi ini. Satu medali emas berhasil di rebut oleh pendekar Sopyan, 3 pendekar lainnya berhasil merebut tiga medali perak. Adalah rizal, abu dan Syena berhasil menempatkan SMA BPI 2 menjadi sekolah yang berhasil merebut tiga perak dalam ajang bergensi ini.

Saturday, 07 October 2017 22:25

Road To digital Class: CBT

Bandung (26/9), Langkah selanjutnya dari usaha meningkatkan kegiatan belajar mengajar terus di bangun, satu program baru di launching yaitu dengan melaksanakan CBT (computer Base Test). Pelaksanaan pekan ulangan semester ganjil ini dilakukan dengan menggunakan CBT.

CBT

Sistem Ujian selama ini bersifat (konvensional) artinya ujian dilakukan dengan menggunakan kertas dan pensil dengan istilah sekarang Paper-Based Test (PBT), PBT yang dilakukan saat ini banyak masalah/kendala seperti: rawan dalam penyiapan bahan ujian, penggandaan dan distribusi naskah soal, kecurangan selama pelaksanaan ujian, perlu langkah scanning LJK dan scoring, membutuhkanbiaya banyak, tenaga, waktu. Jadi ujian dengan PBT kurang efektif & efisien. Perkembangan teknologi saat ini sangat pesat sehingga memungkinkan untuk menggunakan ICT dalam ujian.

Sistem yang digunakan dengan sebutan Computer-based Test (CBT), kalau model tes yang lama disebut Paper-Based Test (PBT), Jadi mau tidak mau sudah harus mencoba untuk memulai dengan cara mengkombinasikan system kedua tersebut agar dimasa mendatang dunia pendidikan kita tidak ketinggalan jauh dengan Negara-negara lain.

Seluruh siswa dengan menggunakan laptop, tab, smartphone terlibat dalam kegiatan CBT ini.

Page 1 of 6