Wednesday, 31 October 2018 13:44

Juara Wall climbing

Written by
Rate this item
(0 votes)

Bdg (25/10), Lewat perjuangan yang berat Lamek Hermanus Sauyai (11 IPA 2) dapat menunjukan keberhasilannya dengan merebut Juara 3 Lomba Wall Climbing yang diadakan SMA 1 Bandung.

Wall climbing.
Wall climbing adalah olahraga ekstrim memanjat dinding buatan menyerupai tebing-tebing dan dilengkapi dengan bebatuan buatan untuk pijakan kaki dan tangan. Olahraga ini merupakan cabang dari olahraga panjat tebing. Bedanya dari panjat tebing, wall climbing justru lebih sering dilakukan di dalam ruangan dengan dinding buatan.

Konsep dinding buatan sendiri diciptakan pertama kali di Inggris. Dinding buatan pertama kali dibuat di tahun 1946 oleh Don Robinson, seorang dosen di bidang pendidikan fisika, dengan meletakkan bebatuan segenggaman tangan menempel ke dinding koridor. Dinding buatan pertama kali dikomersilkan di Sheffield, Inggris. Kota tersebut juga merupakan pusat dari olahraga wall climbing di Inggris.

Dibandingkan dengan panjat tebing, wall climbing justru dianggap jauh lebih aman. Hal ini dikarenakan wall climbing memiliki lingkungan yang bisa diatur sedemikian rupa, berbeda jauh dengan panjat tebing yang juga harus mempertimbangkan kondisi cuaca dan alam sekitar. Selain itu, wall climbing juga lebih unggul pada pijakan yang lebih kentara karena kontur pijakan yang berbeda dari dinding pijakan.

https://www.loop.co.id/articles/apa-sih-wall-climbing-itu

Read 132 times Last modified on Wednesday, 31 October 2018 13:52
More in this category: « Lustrum BPI ke 14
Login to post comments