Wednesday, 24 February 2016 23:39

Kegiatan Outing School

Written by
Rate this item
(0 votes)

Rabu (24/2), SMA BPI 2 menyelenggaran kegiatan bertajuk "Outing School" ke gedung kesenian Rumentang Siang Bandung. Kegiatan yang diikuti oleh seluruh siswa kelas 10 dan 11 menyaksikan seni pertunjukkan di gedung yang ersejarah ini.

Rumentang siang. Adalah sebuah nama gedung di kota Bandung yang terletak di Jl. Baranang Siang No. 2, letaknya dekat dengan gedung Pasar kosambi. Rumentang siang sebenarnya adalah gedung kesenian yang sering digunakan untuk berbagai aktivitas seni di kota Bandung.

Rumentang siang sebenarnya merupakan sebuah gedung bekas bioskop Rivoli yaitu sebuah bioskop yang merupakan peninggalan pada tahun 1930-an. Pada tahun 1975 bekas gedung bioskop ini difungsikan oleh Gubernur Jawa Barat, Solihin GP yang bertugas pada masa itu, Sebagai persembahan bagi segenap seniman dikota bandung sebelum masa jabatannya berakhir. Karena pada waktu itu fasilitas gedung kesenian yang ada di kota Bandung sendiri hanyalah gedung Yayasan Pusat kebudayaan (YPK) saja.

Nama Rumentang siang sendiri diberikan oleh seorang penyair, Wahyu Wibisana. Jika diartikan dari bahasa sunda Rumentang diambil dari kata Բentang-rentangԠatau samar-samar terlihat dari kejauhan , sedangkan siang memiliki arti kata ԮyataԮ Jadi dapat diambil arti bahwa dari berbagai macam jenis kesenian dan banyaknya seniman di kota Bandung yang terlihat samar samar, akan terlihat jelas dan nyata setelah adanya gedung Kesenian Rumentang siang. Sebenarnya sebelum dinamai dengan nama Rumentang siang sempat terlontar nama ԫandaga BandungԠoleh Walikota Bandung saat itu, Oce Djunjunan. Namun nama Rumentang siang yang di pilih dan digunakan hingga saat ini.

Terhitung sudah 80 tahun lebih usia dari gedung kesenian ini. Sangat disayangkan kondisi gedung dan sarana prasarana dalam gedung kesenian Rumentang siang sudah tidak memadai lagi. Dan terkesan luput dari perhatian pemerintah. Rumentang siang sendiri memiliki kapasitas 347 orang penonton. Dengan luas panggung 8 x 12 meter, yang sebenarnya kurang memenuhi syarat panggung untuk sebuah pertunjukan.

sumber: Info Bandung

Read 9321 times Last modified on Wednesday, 24 February 2016 23:44
Login to post comments