Tuesday, 19 May 2020 22:04

"Guru Zaman Now- Guru SMA BPI 2 Mengikuti Kegiatan VCT Batch 6 Jabar"

Written by
Rate this item
(0 votes)

Pendidikan merupakan proses belajar siswa dari tidak tahu menjadi tahu sampai terjadi perubahan tingkah laku pada. Ini hal yang paling substansial dalam dunia Pendidikan. Melalui Pendidikan siswa diberikan bekal pengetahuan, pengembangan sikap social dan spiritual dan juga pengasahan keterampilan. Seorang guru perlu untuk menyesuaikan perkembangan zaman siswa siswinya melalui proses belajar mengajar. Sebagaimana perkataan Ali bin Abi Thalib yang kurang lebih berbunyi : “Ajarilah anak-anakmu sesuai dengan zamannya, karena mereka hidup di zaman mereka bukan pada zamanmu. Sesungguhnya mereka diciptakan untuk zamannya, sedangkan kalian diciptakan untuk zaman kalian”.

Pembelajaran yang dilaksanakan di sekolah harus membuat siswa memiliki kemampuan untuk menyelesaikan masalah dan tantangan yang dihadapi siswa sesuai perkembangan zamannya. Generasi milenial, semenjak lahir dari rahim ibu nya sudah terpapar hal-hal berbau digital. Sedangkan mayoritas guru saat ini belum menguasai sepenuhnya teknologi digital era revolusi 4.0, yang baru mengenal hal-hal berbau digital setelah dewasa.

Sehingga untuk “mengimbangi” siswanya, guru menjadi punya kewajiban untuk berakrab ria dengan dunia digital. Hal ini tak lain bertujuan meningkatkan kapasitas guru dalam mendidik. Guru mesti selalu mengembangkan diri agar selalu ada improvement dalam mendidik siswanya, kata Kang Ferdi (Instruktur VCT Jabar Batch 6).

Kegiatan VCT (Virtual Coordinator Training) Batch 6 Jabar ini diselenggarakan oleh SEAMEO Regional for Quality Improvement of Teachers and Education Personnel (QITEP) in Science bekerja sama dengan Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Barat melalui Unit Pelaksana Teknis Daerah Teknologi Informasi dan Komunikasi Pendidikan (UPTD TIKomDik).

Kegiatan training ini dilaksanakan dari 8 April sampai 3 Mei 2020 secara online melalui aplikasi video konferensi Cisco Webex. Semua kegiatan ini dilaksanakan secara daring dan gratis untuk guru dan umum se-Jawa Barat. Materi training yang disampaikan berupa pengelolaan seminar atau even (konferensi) yang dilaksanakan secara online. Virtual Conference Training yang keenam ini terlaksana ketika pandemi Covid-19 sehingga acara pembukaan, pematerian, training dan penutupan semuanya dilaksanakan daring dari rumah masing masing. Materi yang disampaikan pada kegiatan VCT Batch 6 Jabar ini diantaranya;  Pembuatan presensi dengan menggunakan google form dan add ons google publisher dan google limiter, penggunaan aplikasi Canva untuk pembuatan flyer dan cara membuat narasi untuk kegiatan; pengelolaan akun dan pembuatan room pada aplikasi Webex; pelatihan menjadi moderator, presenter dan host; pelatihan untuk merekam kegiatan konferensi dengan berbagai aplikasi; pelatihan untuk upload hasil video konferensi ke dalam Youtube;

Pematerian yang disampaikan ini bermanfaat untuk diaplikasikan pada kondisi saat ini yang sedang school from home dan work from home karena tidak tatap muka secara langsung, sehingga kegiatan dan agenda pembelajaran tetap bisa berlangsung walaupun tetap dan dari rumah.

Peserta dari BPI 2 ini yang bergabung menjadi peserta berjumlah 6 orang dengan mengikuti pelatihan dari mulai jadi moderator, host, presenter, dan melakukan skill diseminasi set sebagai tugas training terakhir. Selama masa pelatihan ini tiap peserta diberikan tugas menjadi moderator yaitu membuat flyer yang berisi informasi konferensi video berupa meeting link, password, pemateri, host dan juga qr code juga mem back up record materi saat berlangsung Tugas seorang host yaitu untuk menyediakan room konferensi video yang berupa schedule meeting dan informasi meeting untuk publikasi di flyer juga mempersiapkan daftar hadir untuk pada partisipan yang tergabung melalui link gogole form, tugas seorang pemateri adalah menyampaikan konten materi dan merekam vido konferensi selama pematerian berlangsung.

Tugas akhirnya adalah diseminasi skill set yaitu dengan mempresentasikan hasil pematerian kepada 3 orang selain peserta training.

Berikut ini adalah guru SMA BPI 2 yang bergabung menjadi peserta;

  1. M. Bardiansyah, M.Pd.
  2. Dra. Dida Farida Sari
  3. Nora Ulfa Lestari, S.PdI
  4. Hani Rahmawati, S.Pd.
  5. Yuniarti, S.Pd.
  6. Alviani R. Putri, S.Pd.

Setiap peserta tergabung ke dalam kelompok kecil dalam grup Whatsapp dengan satu instruktur untuk pembimbing selama pelatihan berlangsung. Berikut ini adalah hasil karya peserta diseminasi skill set VCT Batch 6 Jabar dari Guru SMA BPI 2 Bandung:

Kesan kesan peserta training dari Pak Bardi :

Alhamdulillah, setiap ada kejadian pasti ada hikmah, itu pun yg dirasakan para ibu bapa guru yg mengikuti VCT BATCH 6 JAWA BARAT, kita disana mempelajari berbagai skill set mengenai video koordinasi dari membuat room webex, membuat canva, pembuatan google form untuk presensi, soal, an juga banyak sekali metode2 pembelajran yg diajarkan dr para peserta,

Kesan kesan peserta training dari Bu Hani;

"Saya Hani Rahmawati Guru Ekonomi SMA BPI 2 Bandung, VCT BATCH JABAR bagi saya adalah ketidaksengajaan untuk mencapai hasil yang positif & percaya bahwa kita bisa menghasilkan sesuatu hal yang besar."

Kesan kesan peserta training dari Bu Yuniarti;

"Menjadi salah satu peserta VCT Jabar Batch 6 itu amat sangat useful sekali, karena sebagai pengajar selain mentransfer ilmu kita jg harus mengexplore ilmu yg berguna untuk mensupport cara mengajar kita. So, VCT Jabar batch six adalah wadahnya.”

Kesan kesan peserta training dari Bu Alvi:

“Selama kegiatan PSBB dan WFH juga SFH ini saya bisa memperoleh ilmu baru yang tentunya bermanfaat untuk kompetensi saya sebagai guru dalam menguasai teknologi yang berkembang pesat sehingga tidak menjadi guru yang kudet atau gaptek,menjadi guru zaman now harus lebih terbuka pikirannya (merdeka belajar) menjadi pembelajar seumur hidup.”

 

Read 254 times Last modified on Thursday, 11 June 2020 03:03
Login to post comments